Duduk diantara dua sujud


Duduk diantara dua sujud dengan kedua-dua kaki dilipat dibawah punggung dengan kaki kanan diatas kaki kiri.

Ucapkan doa: Rabbighfirlii, warhamnii, wajburnii, warfa'nii, warzuqnii, wahdinii, wa'afinii, wa'fu'annii. (Wahai Tuhanku, ampunilah aku, rahmatilah aku, cukupilah aku, angkatlah derajatku, ber rizqilah aku, tunjukilah aku, sehatkanlah aku, dan maafkanlah segala kesalahanku.)


Kemudian sujud sekali lagi dengan bacaan yang sama kemudian duduk dengan kaki kiri dilipat dibawah punggung dan kaki kanan dilipat lurus kebelakang dengan ibujari ditegakkan menghadap kiblat sebentar sebelu terus bangun berdiri tegak untuk meneruskan rakkat yang kedua.


Berdiri tegak dengan membaca surah Al-Fatihah dan surah pilihan kemudian rukuk,iktidal,sujud,duduk diantara dua sujud. Kemudia sujud kali kedua kemudian duduk diantara dua sujud dengan bacaan tahiyat awal sebelum berdiri (Jika solat 3 dan 4 rakaat dan jika solat 2 rakaat teruslah membaca tahiyat akhir tanpa tahiyat awal).Bacaan tahiyat awal seperti berikut:


At tahiyyaatu lillaah, wash shalawaatu waththayibaatu
Semoga kehormatan untuk Allah, begitu pula segala do'a dan semua yang baik-baik.
Assalaamu'alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatullaahi wa barakaatuh
Salam sejahtera untukmu wahai para Nabi, dan rahmat Allah serta barakah-Nya.
Assalaamu'alainaa wa'ala ibaadillahis shaalihiin
Salam sejahtera untuk kami dan untuk para hamba Allah yang saleh
Asyhadu anlaa ilaaha illallaah, wa asyhadu anna Muhammadan 'abduhu wa rasuuluh
Aku bersaksi bahwa sesungguhnya tidak ada Tuhan selain Allah, dan bahwa sesungguhnya Muhammad adalah hamba Allah dan Rasul-Nya
Duduk tahiyat akhir pula dengan melipatkan kaki kiri dibawah peha kanan dengan ibujari kaki mengadap kiblat dan kaki kanan dilipat kebelakang dengan ibujarikaki ditegakkan mengadap kiblat.

Dan bacaan tahiyat akhir ialah dengan membaca seperti diatas kemudian disambung dengan bacaan:


Allaahumma shalli 'alaa Muhammadin wa'alaa aali Muhammadin, kamaa shallaita 'alaa Ibraahim wa'alaa aali Ibrahim, wa baarik 'alaa Muhammadin, kama baarakta 'alaa Ibrahiima wa'alaa aali Ibraahima, fil 'aalamiina innaka hamiidun majiid.
Ya Allah, berilah shalawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi shalawat kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim, dan berilah berkat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau memberi berkat kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha terpuji lagi Maha Mulia.
Disarankan supaya diangkat jari telunjuk ketika bertasyahud untuk meyakini bahawa tuhan itu Esa.

Jika rakaat ini adalah yang terakhir, kemudian berilah salam "Assalamualaikum warrahmatullah" dengan kepala ditoleh ke kanan (cukup sekadar dapat melihat bahu) dan juga kepala ditoleh ke kiri dengan salam juga.

Comments

Popular posts from this blog

Kitab-kitab Ibrahim dan Musa

12 Jenis Doa Iftitah

Takdir Allah Ta’ala di Dalam Ciptaan-Nya